Sejarah Desa

Juli 29, 2019

Sejarah Desa Sukoreno



Desa Sukoreno adalah wilayah yang merupakan bagian dari Kecamatan Kalisat, Kabupaen Jember. Desa Sukoreno berbatasan dengan

Barat : Desa Biting
Timur : Desa Patempuran
Utara : Desa Sumber Kalong
Selatan : Desa Kotok

Keberadaan Desa Sukoreno secara geografis memiliki posisi yang  strategis dalam  bidang pertanian dan sumber daya alam lainnya. Sehingga banyak meyimpan peristiwa sejarah yang menarik untuk digali dan dikaji, Hingga saat ini memang belum dioperoleh kepastian fakta sejarah kapan berdirinya Desa Sukoreno. Hari jadi suatu daerah sangatlah penting karena menandai suatu awal pemerintahan desa. Semenara itu untuk menentukan hari jadi Desa Sukoreno berpedoman kepada sejarah penjajahan Belanda.

Sejarah berdirinya Desa Sukoreno sekitar tahun 1782 - 1873 yang diawali oleh perjuangan para pejuang. Selanjutnya pada tahun 1879 dibangunlah monumen bersejarah yang letaknya di Desa Sukoreno dusun Gumuk Baung Untuk menandai bahwa para pejuang dengan gagah berani berupaya melawan para penjajah. Diwaktu itu pemimpin pergerakan perlawanan berhasil mengusir para penjajah. Beliau akhirnya wafat Setelah perjuangan yg dipimpinya berhasil mengusir para penjajah. Setelah itu barulah diadakan pemilihan kepala desa. 

Berikut Kepala Desa sukoreno yang pernah menjabat sampai saat ini diantaranya adalah ;

1. ASBON
2. NURHATI
3. SOETEDJO
4. AHMAD DASUKI
5. SRI FAJAR WAHYUNI
6. WAWAN RUSMAWADI
7. ERVAN ZAHRIYANTO

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar